Pusat Peringatan Dini Tsunami Nasional »

Sistem Diseminasi InaTEWS

BMKG menerbitkan informasi gempa atau peringatan dini tsunami dalam waktu 5 menit setelah gempa yang kemudian diikuti oleh beberapa kali berita pembaharuan dan / atau berita ancaman berakhir. Rangkuman rangkaian waktu BMKG dalam mengeluarkan info gempa & warning tsunami diperlihatkan pada gambar di bawah ini:


Gambar 32. Time line BMKG dalam mengeluarkan informasi gempa/warning Tsunami.
See image in english version


Pada dasarnya sistem disiminasi menjadi tugas institusi – institusi terkait : BMKG berkewajiban menyiapkan dan mengeluarkan "warning" yang selanjutnya untuk didesiminasikan ke masyarakat oleh institusi interface.


Gambar 33. Diagram Menyeluruh Sistem Diseminasi InaTEWS


Pola desiminasi yang dianut adalah dari BMKG. Warning tsunami di kirim ke institusi interface melalui berbagai macam moda yakni : SMS, Email, Web, Fax, WRS, dan GTS. Sedangkan institusi interface yang dimaksud adalah utamanya Pemda Provinsi, Depdagri,POLRI,TNI,Televisi, Radio, Operator GSM, BNPB, dll.

Sejauh ini sistem diseminasi yang paling optimal adalah yang melalui SMS baik yang ke individu (pejabat) maupun yang ke institusi.
Warning melalui SMS ditindak lanjuti dengan penyampaian ke masyarakat melalui berbagai fasilitas seperti televisi, radio, perintah berantai dari para pejabat sampai dengan pembunyian sirine karena suaranya yang keras dari lokasinya di daerah yang memang berpotensi terkena tsunami.

Copyright ©2018
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika