Informasi Detail Gempabumi   

11-Feb-2018 Jam 14:05:24 WIB
Magnitudo 5.0 SR, 27 km BaratDaya PULAUMOROTAI-MALUT


GEMPABUMI TEKTONIK M=5,0 MENGGUNCANG PULAU MOROTAI DAN SEKITARNYA, TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI


Hari Minggu, 11 Februari 2018, pukul 14:05:24 WIB, Pulau Morotai dan sekitarnya diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan M=5,0 terjadi dengan koordinat episenter pada 2,14 LU dan 128,41 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 25 km arah Tenggara Pulau Morotai, Propinsi Maluku Utara pada kedalaman 76 km.

 

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan bahwa dampak gempabumi berupa guncangan dirasakan di Pulau Morotai dan daerah Tobelo Halmahera utara dalam skala intensitas II SIG-BMKG (II-III MMI). Sampai saat ini, belum ada laporan kerusakan yang diakibatkan oleh gempabumi ini.

 

Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi kedalaman menengah akibat aktivitas subduksi Lempeng Laut Philippine ke bawah Lempeng Mikro Halmahera. Dari hasil analisis mekanisme sumber, gempabumi ini mempunyai mekanisme oblique thrust (sesar mendatar dominan naik).

 

Hingga pukul 14:30 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).  Kepada masyarakat di Pulau Morotai dan wilayah Halmahera Utara dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.*** 

 

Jakarta, 11 Februari 2018

 

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG

 

Drs. MOCH. RIYADI, M.Si.


Copyright © 2018
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika